Senin, 18 September 2017

KARYA TULIS ILMIAH “Pengaruh Lingkungan Sekolah Bagi Prilaku Siswa/Siswi”



KARYA TULIS ILMIAH



MOTO
“tidak ada yang bisa anda raih jika anda tidak mau belajar jika ada bai yang tidak mau belajar bicara maka ia tidak akan bisa bicara” (M. Khoerul Dahrudin)
“hadir terlambat memang lebih baik dari pada tidak hadir sama sekali tetapi bila berkali kali adalah sebuah kecerobohan” (siti susilawati)
“jadilah kalah karena mengalah buka kalah karena menyerah jadilah pemenang karena kemampuan, buka menang karena kecurangan” (uday wahyudin)
“jagan sia-siakan masa mudamu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat belajarlah! Karena itu akan membuatmu mengerti arti kehidupan” (m. alfiansyah)
“sesali masa lalu karena ada kekecewaan dan kesalahan, tapi
jadikan penyelesaian itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi” (jihan pahira hidayah)



PERSEMBAHAN

Karya ilmiah ini persembahkan kepada :
Ø  Allah SWT
Ø  Ayah dan Ibu tercinta
Ø  Ibu guru Nia Suprapti selaku guru bahasa Indonesia
Ø  Bapak dan ibu guru SMPN 1 Sukajaya
Ø  Teman – teman dan pembaca



LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis ilmiah yang berjudul :
“Pengaruh Lingkungan Sekolah Bagi Prilaku Siswa/Siswi”

Yang Disusun Oleh :
Ø  Jihan Pahira Hidayah
Ø  M. Khoerul Dahrudin
Ø  M. Alfiansyah
Ø  Sisti Susilawati
Ø  Uday Wahyudin



Telah di periksa dan di setujui sebagai penelitian asli dan bukan jiplakan baik sebagian atau seluruhnnya.


Mengetahui,
guru bahasa Indonesia


Nia Suprapti S.Pd
NUPTK : 2648961662300082




KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kedapa Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan, rahmat, serta karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul Pengaruh Lingkungan Sekolah Bagi Prilaku Siswa/Siswi”.
karya ilmiah inni di susun dalam rangka memenuhi tugas di mata pelajar bahasa Indonesia.
            Terimakasih penulis sampaikan kepada Allah SWT, orang tua, dan guru bahasa Indonesia penulis Ibu Nia Suprapti S.Pd yang telah membimbing sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis menyadari bahwa penyusunan karya iliah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca, guna menyempurnakan karya ilmiah ini yang akan dating.
            Semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Sukajaya, 09 Februari 2017

Penulis



Daftar Isi
Halaman judul...................................................................................................................... i
Halaman moto..................................................................................................................... ii
Halaman persembahan........................................................................................................ iii
Halaman persembahan........................................................................................................ iv
Kata pengantar.................................................................................................................... v
Daftar isi ............................................................................................................................ vi
BAB I Pendahuluan............................................................................................................ 1
A.    Latar belakang......................................................................................................... 1
B.     Rumusan masalah.................................................................................................... 1
BAB II Pembahasan........................................................................................................... 2
1.      Definisi lingkungan sekolah.................................................................................... 2
2.      Definisi perilaku...................................................................................................... 2
3.      Kondisi lingkungan sekolah yang mempengaruhi perilaku belajar.......................... 2
a.       Kondisi lingkungan positif................................................................................ 2
b.      Kondisi lingkungan negative............................................................................. 2
4.      Cara mengkondisikan lilngkungan sekolah agar belajar berprilaku baik................. 3
BAB III Penutup................................................................................................................ 4
A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 4
B.     Saran........................................................................................................................ 4
Dafta pustaka...................................................................................................................... 5



BAB I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Prilaku yang tercermin dalam tindakan pelajar saat ini sangat dipengaruhi oleh peran lingkungan sebagai pembentuk pola piker pisikologi kaum belajatr, para pelajar melakukan berbagai tindakan didasari oleh permbentukan kepribadian yang dilator belakangi perkembangan lingkungan tempat bersosialisasinya walaupaun pada intinya perkembangan pisikologi social tergantung pada bagaimana pelajar memberikan respon terhadap lingkungan.
            Manusia itu selalu senantiasa hidup dalam suatu lingkungan, baik lingkungan fisik/lingungan kealaman maupun lingkungan social atau lingkungan masyarakat yang dialaminya terjadi hubungan timbal balik, dalam hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara manusia dengan lingkungan suatu lingkungan dalam perkembangannya dapat memberikan peran dan pengaruh dalam tindakan belajar para pelajar.
B.     Rumusan masalah
1.      Lingkungan seperti apa yagn dapat mempengaruhi prilaku pelajar.
2.      Bagaimana mengkondisikan lingkungan sekolah agar pelajar berprilaku baik?









                                



BAB II
Pembahasan
1.      Definisi lingkungan sekolah
a.       Lingkugan sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Disekolah diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran, dan latihan. (TU’u, 2004:18). Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sistematis melakasanakan program bimbingan pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkan potensinya baik yang meyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional, dan social (syamsu yusuf, 2001 : 54)
Sedangkan lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor yang berpengaruh terhadap  pendidikan atau berbagai lingkungan berlangsung poreses pendidikan.
2.      Definisi perilaku
Prilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai rintangan yang sangat luas antara lain : berjalan, menagis, tertawa, berkerja kuliah, menulis, membaca dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang bermaksud prilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia baik yang diamati langsung maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar (noto atmojo, 2003). Menurut skinner seperti yang dikutif oleh noto atmojo (2003) merumuskan bahwa prilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar.
3.      Kondisi lingkungan sekoloah yang mempengaruhi prilaku pelajar
a.       Kondisi lingkungan yang positif
Kondisi lingkungan positif adalah sebagi berikut :
1)      Bergaul degnan teman – teman yang rajin dan baik sikapnya.
2)      Sel;alu berpakaian rapih disekolah.
3)      Menjaga sopan santun kepada guru dan teman.
4)      Berbicara yang baik dan sopan.
5)      Ikut dalam berbagai ekskull yang diadakan disekolah.
b.      Kondisi lingkungan yang negatif
Kondisi lingkungan yang negatif adalah sebagai berikut :
1)      Adanya pembiaran bagi siswa yang sering bolos akan bepengaruh jelek bagi siswa lain.
2)      Kurangnya kerja sama antara siswa akan berpengaruh bagi kekompakan kelas.
3)      Kurangnya rasa syang guru kepada siswa akan mempengaruhi siswa dalam belajar.
4)      Tidak adanya renopasi pembatas sekolah akan memudahkan siswa untuk bolos


4.      Cara mengkondisikan lilngkungan sekolah agar belajar berprilaku baik
a.       Menciptakan sekolah yang aman nyaman dan disiplin sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang baik dan guru dapat menampilkan kinerja yang baik.
b.      Sekolah yang aman nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, konduktif untuk belajar dan hubungan antara warga sekolahya.
c.       Keamanan, kenyamanan, dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai – nilai sikap warga sekolah.
d.      Mengem,bagkan keterampilan intelegensi, emosional siswa dengan cara:
1)      Mengembangkan empati
2)      Berkerja sama
3)      Sensitive terhadap perasaan teman



BAB III
Penutup
A.    Kesimpulan
Peran dan pengaruh lingkugan tempat tinggal sangat besar bagi perkembangan tiap pelajar. Setiap lingkungan memegang peran dan pengaruhnya sendiri – sendiri, setiap perilaku dan cara berfikir tiap pelajarpun berbeda karena setiap lingkungan memberikan peran dan pengaruhnya berbeda – beda pula. Walaupun lingkungan tidak sepenuhnya membentruk pola oprilaku dan pola berfikir pelajar karena setiap pelajar berbeda pula dalam memberikan respon atau tanggapan terhadap stimulus yang di berikan lingkungan, namun peran dan pengaruh lingkungan turut serta memegang peranan yang sangat besar bagi pelajar dalam berperilaku dan berfikir.
B.     Saran
Bagi pelajar peran dan pengaruh lingkungan harus disikapi secara bijak, agar pelajar dapat berprestasi ditengah lingkungan yang memberikan peran dan pengaruh yang berbeda – beda.
Pelajar harus mampu menunjukan prestasinya dibidang akademik dan non akademik dan tetap berfikir serta berilaku yang baik sesuai degnan norma dan aturan yang berlaku. Pelajar diharapkan pula dapat memberikan respon yang baik terhadap stimulus yang diberikan oleh lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar