KARYA TULIS ILMIAH
MOTO
“tidak ada yang bisa anda raih jika anda tidak mau
belajar jika ada bai yang tidak mau belajar bicara maka ia tidak akan bisa
bicara” (M. Khoerul Dahrudin)
“hadir terlambat memang lebih baik dari pada tidak
hadir sama sekali tetapi bila berkali kali adalah sebuah kecerobohan” (siti
susilawati)
“jadilah kalah karena mengalah buka kalah karena
menyerah jadilah pemenang karena kemampuan, buka menang karena kecurangan” (uday
wahyudin)
“jagan sia-siakan masa mudamu dengan kegiatan yang
tidak bermanfaat belajarlah! Karena itu akan membuatmu mengerti arti kehidupan”
(m. alfiansyah)
“sesali masa lalu karena ada kekecewaan dan
kesalahan, tapi
jadikan penyelesaian itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi” (jihan pahira hidayah)
jadikan penyelesaian itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi” (jihan pahira hidayah)
PERSEMBAHAN
Karya ilmiah ini persembahkan kepada :
Ø Allah SWT
Ø Ayah dan Ibu tercinta
Ø Ibu guru Nia Suprapti selaku guru bahasa Indonesia
Ø Bapak dan ibu guru SMPN 1 Sukajaya
Ø Teman – teman dan pembaca
LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis ilmiah yang berjudul :
“Pengaruh Lingkungan Sekolah Bagi
Prilaku Siswa/Siswi”
Yang Disusun Oleh :
Ø Jihan Pahira Hidayah
Ø M. Khoerul Dahrudin
Ø M. Alfiansyah
Ø Sisti Susilawati
Ø Uday Wahyudin
Telah di periksa dan di setujui sebagai penelitian
asli dan bukan jiplakan baik sebagian atau seluruhnnya.
Mengetahui,
guru bahasa Indonesia
guru bahasa Indonesia
Nia Suprapti S.Pd
NUPTK : 2648961662300082
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji
syukur kedapa Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan, rahmat, serta
karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang
berjudul “Pengaruh Lingkungan Sekolah Bagi
Prilaku Siswa/Siswi”.
karya ilmiah inni di
susun dalam rangka memenuhi tugas di mata pelajar bahasa Indonesia.
Terimakasih penulis sampaikan kepada Allah SWT, orang
tua, dan guru bahasa Indonesia penulis Ibu Nia Suprapti S.Pd yang telah
membimbing sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulis
menyadari bahwa penyusunan karya iliah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca, guna menyempurnakan karya ilmiah
ini yang akan dating.
Semoga karya ilmiah ini dapat
bermanfaat bagi pembaca.
Sukajaya, 09 Februari 2017
Penulis
Daftar Isi
Halaman judul...................................................................................................................... i
Halaman moto..................................................................................................................... ii
Halaman persembahan........................................................................................................ iii
Halaman persembahan........................................................................................................ iv
Kata pengantar.................................................................................................................... v
Daftar isi ............................................................................................................................ vi
BAB I Pendahuluan............................................................................................................ 1
A.
Latar belakang......................................................................................................... 1
B.
Rumusan masalah.................................................................................................... 1
BAB II Pembahasan........................................................................................................... 2
1.
Definisi
lingkungan sekolah.................................................................................... 2
2.
Definisi
perilaku...................................................................................................... 2
3.
Kondisi
lingkungan sekolah yang mempengaruhi perilaku belajar.......................... 2
a. Kondisi lingkungan positif................................................................................ 2
b. Kondisi lingkungan negative............................................................................. 2
4.
Cara
mengkondisikan lilngkungan sekolah agar belajar berprilaku baik................. 3
BAB III Penutup................................................................................................................ 4
A.
Kesimpulan.............................................................................................................. 4
B.
Saran........................................................................................................................ 4
Dafta pustaka...................................................................................................................... 5
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Prilaku yang tercermin dalam tindakan pelajar saat
ini sangat dipengaruhi oleh peran lingkungan sebagai pembentuk pola piker
pisikologi kaum belajatr, para pelajar melakukan berbagai tindakan didasari
oleh permbentukan kepribadian yang dilator belakangi perkembangan lingkungan
tempat bersosialisasinya walaupaun pada intinya perkembangan pisikologi social
tergantung pada bagaimana pelajar memberikan respon terhadap lingkungan.
Manusia
itu selalu senantiasa hidup dalam suatu lingkungan, baik lingkungan fisik/lingungan
kealaman maupun lingkungan social atau lingkungan masyarakat yang dialaminya
terjadi hubungan timbal balik, dalam hubungan timbal balik saling mempengaruhi
antara manusia dengan lingkungan suatu lingkungan dalam perkembangannya dapat
memberikan peran dan pengaruh dalam tindakan belajar para pelajar.
B. Rumusan masalah
1.
Lingkungan
seperti apa yagn dapat mempengaruhi prilaku pelajar.
2.
Bagaimana
mengkondisikan lingkungan sekolah agar pelajar berprilaku baik?
BAB II
Pembahasan
1.
Definisi lingkungan sekolah
a.
Lingkugan
sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Disekolah
diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran, dan latihan. (TU’u, 2004:18).
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sistematis melakasanakan program
bimbingan pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu
mengembangkan potensinya baik yang meyangkut aspek moral, spiritual,
intelektual, emosional, dan social (syamsu yusuf, 2001 : 54)
Sedangkan lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor
yang berpengaruh terhadap pendidikan
atau berbagai lingkungan berlangsung poreses pendidikan.
2.
Definisi perilaku
Prilaku adalah tindakan
atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai rintangan yang sangat
luas antara lain : berjalan, menagis, tertawa, berkerja kuliah, menulis,
membaca dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang bermaksud
prilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia baik yang diamati
langsung maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar (noto atmojo, 2003).
Menurut skinner seperti yang dikutif oleh noto atmojo (2003) merumuskan bahwa
prilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau
rangsangan dari luar.
3.
Kondisi lingkungan sekoloah yang mempengaruhi
prilaku pelajar
a.
Kondisi
lingkungan yang positif
Kondisi lingkungan
positif adalah sebagi berikut :
1)
Bergaul degnan
teman – teman yang rajin dan baik sikapnya.
2)
Sel;alu
berpakaian rapih disekolah.
3)
Menjaga sopan
santun kepada guru dan teman.
4)
Berbicara yang
baik dan sopan.
5)
Ikut dalam
berbagai ekskull yang diadakan disekolah.
Kondisi lingkungan yang
negatif adalah sebagai berikut :
1)
Adanya pembiaran
bagi siswa yang sering bolos akan bepengaruh jelek bagi siswa lain.
2)
Kurangnya kerja
sama antara siswa akan berpengaruh bagi kekompakan kelas.
3)
Kurangnya rasa
syang guru kepada siswa akan mempengaruhi siswa dalam belajar.
4)
Tidak adanya
renopasi pembatas sekolah akan memudahkan siswa untuk bolos
4.
Cara
mengkondisikan lilngkungan sekolah agar belajar berprilaku baik
a. Menciptakan sekolah yang aman nyaman dan disiplin
sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang baik dan guru dapat
menampilkan kinerja yang baik.
b. Sekolah yang aman nyaman dan disiplin adalah sekolah
yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, konduktif untuk belajar dan
hubungan antara warga sekolahya.
c. Keamanan, kenyamanan, dan kedisiplinan suatu sekolah
ditentukan oleh nilai – nilai sikap warga sekolah.
d. Mengem,bagkan keterampilan intelegensi, emosional
siswa dengan cara:
1)
Mengembangkan
empati
2)
Berkerja sama
3)
Sensitive
terhadap perasaan teman
BAB III
Penutup
A.
Kesimpulan
Peran dan pengaruh lingkugan tempat tinggal sangat
besar bagi perkembangan tiap pelajar. Setiap lingkungan memegang peran dan
pengaruhnya sendiri – sendiri, setiap perilaku dan cara berfikir tiap
pelajarpun berbeda karena setiap lingkungan memberikan peran dan pengaruhnya
berbeda – beda pula. Walaupun lingkungan tidak sepenuhnya membentruk pola
oprilaku dan pola berfikir pelajar karena setiap pelajar berbeda pula dalam
memberikan respon atau tanggapan terhadap stimulus yang di berikan lingkungan,
namun peran dan pengaruh lingkungan turut serta memegang peranan yang sangat
besar bagi pelajar dalam berperilaku dan berfikir.
B.
Saran
Bagi pelajar peran dan pengaruh lingkungan harus
disikapi secara bijak, agar pelajar dapat berprestasi ditengah lingkungan yang
memberikan peran dan pengaruh yang berbeda – beda.
Pelajar harus mampu menunjukan prestasinya dibidang
akademik dan non akademik dan tetap berfikir serta berilaku yang baik sesuai
degnan norma dan aturan yang berlaku. Pelajar diharapkan pula dapat memberikan
respon yang baik terhadap stimulus yang diberikan oleh lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar